ANALISA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN PEMASARAN LANGSUNG TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PRODUK TUPPERWARE (Studi Kasus Pada PT.PERSADA TIARA DINAMIKA CIMONE TANGERANG)

  • Yeni Firmawati STIE Insan Pembangunan
Keywords: Customer Relationship Management (CRM), Pemasaran Langsung, Kepuasan Pelanggan Tupperware

Abstract

Abstrak Perusahaan yang memasarkan produk Tupperware salah satunya adalah PT Persada Tiara Dinamika yang beralamat di Jl. Raya Merdeka Ruko Mall Icon blok c no. 2 Cimone Tangerang, yang merupakan salah satu distributor produk Tupperware (alat-alat rumah tangga plastik) di kota tangerang. Proses pemasaran Tupperware adalah dengan menggunakan metode pemasaran Multi Level Marketing atau dikenal dengan MLM dengan merek dagang yang telah mendunia dan memiliki reputasi sebagai produsen peralatan rumah tangga yang eksklusif dan berharga cukup mahal. Dan dalam sistem MLM ini proses pembelian produk yaitu dengan menggunakan sistem keanggotaan atau member. Untuk mencapai peningkatan penjualan produk Tupperware tersebut harus dengan proses Kepuasan Pelanggan / Member pada PT Persada Tiara Dinamika Cimone Tangerang. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dengan judul Analisa Pengaruh Customer Relationship Management dan Pemasaran Langsung terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Tupperware .telah dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara customer relationship management dan pemasaran langsung terhadap kepuasan pelanggan produk Tupperware pada PT Persada Tiara DinamikaCimone Tangerang, dalam hal ini data yang dikumpulkan tidak
berhasil membuktikan hubungan kausal pada penelitian ini.

Sedangkan berdasarkan hasil dari analisis statistic deskriptif bahwa kinerja dari customer relationship management sudah cukup baik dilaksanakan begitupun dengan pemasaran langsung dan kepuasan pelanggan produk Tupperware pada PT Persada Tiara Dinamika Cimone Tangerang sudah cukup baik dan cukup puas, hal ini dibuktikan masih terdapat pembelian dan penambahan pelanggan / member baru pada PT Persada Tiara Dinamika.

References

Boyd,Walker dan Larrache,2000. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga

Hamdan.R, Lupiyoadi (2006).Manajemen Pemasaran Jasa Publisher, Jakarta: Salemba Empat

Irawan,Handi.(2008), Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan, Cetakan Pertama,Jakarta: Pradiya Paramitha,Kelompok Gramedia

Ghozali, Imam. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Ghozali, Imam. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Edisi

Kumar.V.Reinartz dan Weiner(2012).Customer Relationship Management, Concep Strategic and tool.Springer

Limakrisna, Nandan. (2017). Manajemen Pemasara, Jakarta : Mitra Wacana Media

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian : Bogor : Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong (2016). Principles of Marketing. Harlow : Pearson Education

Kotler, Philips dan Keller. (2013). Marketing Manajemen. Harlow : Pearson Education.

Priyatno,Duwi. (2017). Olah data menggunakan SPSS. Yogyakarta : Andi anggota IKAPI.

Sujarweni, Wiratna. (2015). Statistik Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Cetakan ke 28. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R& D. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fendi. (2012). Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta: CV. Andi Offiset.

Published
2019-11-28
Section
Articles