PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN: STUDI PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI

  • Hatoli Waruwu
Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), kinerja keuangan.

Abstract

Konsep akuntansi modern menerapkan tiga prinsip dasar triple bottom lines, yaitu: profit, people dan planet (3P). Perusahaan harus tetap berorientasi untuk mencari keuntungan ekonomis yang memungkinkan untuk terus beroperasi dan tumbuh. Namun perusahaan harus memiliki kepedulian terhadap kesejahteraan manusia dan lingkungan. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah konsep yang menghubungkan ketiga prinsip tersebut. Penelitian ini menguji pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan yang diukur dengan rasio profitabilitas yang terdiri dari return on assets (ROA) dan return on equity (ROE). Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2020. Sampel dalam penelitian ini adalah Bank BUMN yang terdaftar di BEI sebanyak 4 perbankan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh signifikan terhadap ROA dan ROE. CSR dapat dipandang sebagai salah satu bentuk upaya untuk membentuk citra positif bagi perusahaan.

References

Bidhari, S.C., Salim, U., Aisjah, S. (2013), Effect of corporate social responsibility information disclosure on financial performance and firm value in banking industry listed at Indonesia stock exchange. European Journal of Business and Management, 5, 39-46.
Darwin, Ali, (2006). “Penerapan Sustainability Reporting di Indonesia”, Konvensi Nasional Akuntansi V, Program Profesi Lanjutan, Yogyakarta.
Elkington, J. (1994), “Towards the sustainable corporation: win-win-win business strategies for sustainable development”, California Management Review, 36 (2) 90-100
Fahmi, Irham (2016). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal Jawab. Bandung: ALFABETA.
Fatah Karina & Haryanto Melinda. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan : Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis - EKONOMIS. Vol. 10, Nomor 2, September 2016. Hal: 1-20
Hadi, N. (2011), Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Harrison, Walter. T. Jr. et.al (2012). Akuntansi Keuangan: International Financial Reporting Standars. Jakarta: Erlangga.
Heryanto Robby & Juliarto Agung. (2017). Pengaruh corporate social responsibility terhadap profitabilitas perusahaan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2014- 2015). Diponegoro journal of accounting. Vol 6, nomor 4. Hal 1-8
Karunia Mega & Dzulkirom Moch. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CRS) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 38 No.2 September 2016. Hal: 16-22
Kusumadilaga, R. (2010), Against the influence of Corporate Social Responsibility Corporate Values With Profitability As Moderating Variables. Semarang: Faculty of Economics, University of Diponegoro.
Qureshi, M.I., Rustum, A., Rustum, S., Omar, A.B., Zaman, K. (2013), Factors influencing customer satisfaction in banking sector of Pakistan. Report and Opinion, 5(2), 35-39.
Resturiyani, N. (2012), Influence of Corporate Social Responsibility Disclosure Of Financial Performance (Study on Mining Company Listed in Indonesia Stock Exchange in 2011). Bandung: Faculty of Economics Universtas Pasundan.
Romadhika Muhammad & Majidah. (2019). Pengaruh biaya Corporate Social Responsibility terhadap profitabilitas (studi kasus pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia pada tahun 2012- 2017). Jurnal E-proceeding of management : vol.6. no.2. Hal 3077-3082
Rosdwianti, Dzulkirom dan Zahroh. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2013-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 38 No.2. Hal 16-22
Sundari, Sri, (2011). Hubungan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan Kinerja Perusahaan, Jurnal Publikasi Universitas Hasanudin Makasar.
Syamsuddin, Lukman (2013). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Walsh, Ciaran. (2004). Key Management Ratios: Rasio-rasio Manajemen Penting (terjemahan). Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga
Website bursa efek indonesia: www.idx.co.id
Yaparto, M., Frisko, K.D., Eriandani, R. (2013), Influence of Corporate Social Responsibility Financial Performance Against SektorManufaktur Registered In Indonesia Stock Exchange Period 2010-2011 On. Student Scientific journal Universitas Surabaya, 2(1), 1-19.
Published
2021-11-20